BloGnyA nOniK iMuDh











{Juni 13, 2010}   camilan bagi si diet

Ngemil merupakan salah satu cara mendapatkan kepuasan dari himpitan tekanan hidup. Padahal, semakin sering ngemil, seseorang makin sering dikejar rasa bersalah karena dihantui kegemukan dan berpola hidup tak sehat. Tak perlu cemas, ada cara ngemil sehat yang bisa Anda co-
Ngemil biasanya datang karena stres. Ya, makan hanyalah pelarian dari kondisi tersebut. Oleh karenanya, temukan penyebab stres Anda hingga tak mencoba mencari penghiburan lewat makanan yang tak menyehatkan. Khusus untuk ibu hamil yang biasanya memiliki mood tak menentu, sediakan camilan sehat terdiri dari buah-buahan atau sayuran.
– Sebaiknya stok lemari makan atau kulkas Anda dengan makanan sehat mengenyangkan seperti popcorn, roti kering, nasi goreng, jus buah tanpa pemanis, buah dan sayur segar, yogurt rendah lemak, keju rendah sodium dan lemak. Gunakan juga garam substitusi jika Anda membutuhkan.
– Untuk waktu senggang Anda, sediakan jus anggur atau pir.
– Pilihlah makanan ringan yang sarat serat, misalnya apel dengan kulitnya.
– Hindari camilan kaya lemak rendah gizi seperti es krim, keripik kentang dan lainnya.
– Jangan terlambat makan siang. Pasalnya, makan siang yang terlambat, akan membuat Anda merasa lapar lagi tiga jam kemudiankemungkinan tiga jam kemudian, Anda akan merasa lapar lagi. Kalau tidak ngemil, kecenderungan makan dalam porsi yang lebih banyak pada makan malam.
Perlu di ingat !
Jangan pernah mengartikan diet dengan mengikat erat ikat pinggang Anda, atau sama sekali tidak makan makanan berlemak dan manis.

Berikut ini adalah camilan sehat yang rendah kalori dan bisa dimakan tiap saat:

Snack Campur (Compound Snack):
Butalah campuran 1 (satu) bagian buah kering seperti cherry, kimis dan 1 (satu) sendok makan kacang mete, almond atau walnut di pagi hari untuk camilan di siang hingga sore. Sebuah paduan yang bagus dari karbohidrat, protein dan lemak. Walnut juga sehat dan kaya asam Omega- 3.

Baby Wortel dan Hummus:
Pengin ngemil yang gurih-gurih renyah? Makan saja wortel yang renyah manis dengan hummus yang gurih. Lebih kaya serat, vitamin, memberi energi dan kalorinya lebih rendah dibandingkan dengan keripik.

Yoghurt dengan Berry:
Blueberry merupakan pilihan camilan paling tepat. Selain itu buah ini paling praktis, tinggal dicuci dan bisa langsung dimakan. Tak perlu mengupas atau memotong. Juga tahan disimpan berminggu-minggu dalam freezer. Lebih enak lagi jika dimakan dengan yoghurt non fat.

Sebutir Apel + 1 sendok makan selai kacang:
Paduan camilan yang asam manis segar dan gurih sekaligus. Memberi nutrisi sehat dan serat dan selai kacangnya memberi energi yang tahan lama.

Edamame:
Rebus edamame (kedelai Jepang) dengan air yang diberi sedikit garam. Edamame bisa dibeli dalam keadaan beku atau segar. Cara mudah untuk membuat camilan sehat. Kegiatan mengigiti edamame memberi keasyikan tersendiri dan perut terisi tanpa mengorbankan kesehatan.

Crackers dengan Keju Potongan
Pilihlah crakers dengan 4 jenis bijian atau lebih dan nikmati dengan keju potongan atau keju yang dibungkus kecil-kecil. Karena jika makan keju kita sulit berhenti maka dengan kemasan kecil porsi camilan akan sedikit.

Energy Bar:
Di pasar swalayan banyak dijual snack yang berupa energy bar ini. Cara memilihnya mudah saja. Cari yang jelas bahan-bahan campurannya seperti kacang-kacangan dan kismis atau buah kering yang disebutkan dengan rinci kandungan kalori,lemak, dan seratnya. Camilan ini bukan hanya mengenyangkan tetapi rasanya juga enak.

Popcorn:
Asal bukan popcorn yang dipanggang dengan tambahan karamel atau mentega, popcorn merupakan camilan mengasyikkan. Anda bisa makan sampai 4 cangkir popcorn untuk mendapatkan pasokan protein, serat dan karbohidrat.

Diet sehat terlebih merujuk pada pengaturan menu sehat sesuai yang diperlukan tubuh. Bagaimanapun Anda masih membutuhkan lemak dalam keseharian Anda, jadi bukan berarti Anda tidak boleh makan makanan berlemak. Hanya saja jumlah yang boleh dikonsumsi harus sesuai dengan kebutuhan dan tidak boleh berlebihan.

Jika memang Anda diperbolehkan ngemil saat diet, camilan apa yang sehat dan baik untuk Anda? kacanglah jawabannya. Kandungan bioflavonoid-nya baik untuk mencegah perkembangan sel kanker, lemak nabati yang mudah dicerna membantu menjaga kesehatan jantung, rasanya pun nikmat. Tak perlu Anda ragu dan khawatir akan timbul jerawat di wajah Anda, selama Anda tahu porsi yang pas, kacang tak akan memberikan efek buruk bagi Anda.

Kacang Almond

Kacang Almond (c) utsc
Tak hanya sekedar camilan yang dapat Anda temukan dalam balutan cokelat, Almond juga kaya akan magnesium, niacin, thiamin, zinc, zat besi, folic acid, fiber, riboflavin, selenium (yang diperlukan otak), dan potassium. Kandungan kalsium-nya yang tinggi juga sehat untuk Anda. Masukkan ke dalam oven dan taruh di dalam toples kecil untuk menemani acara rileks sore hari Anda

Kacang Tanah

Kacang tanah (c) flickr
Dipercaya kaya akan kandungan protein, antioksidan, niacin (B3) dan vitamin E, kacang tanah baik untuk kesehatan jantung. Kandungan lemak nabatinya tak perlu membuat Anda takut akan timbulnya jerawat, selama Anda tidak makan 1 ton kacang tanah sekaligus, kecantikan Anda tetap akan terjaga.

Hazelnuts

Kacang Hazelnuts (c) nutsonline
Dikenal dalam bentuk balutan permen, cokelat ataupun ice cream, hazelnuts yang lezat ini kaya akan potasium, kalsium, zat besi, fiber dan protein. Kandungan antioksidan dan vitamin E nya baik untuk kecantikan kulit, pantas saja jika kulit Anda semakin indah.
Kacang Makadamia

Kacang Makadamia (c) danecommodities
Terkenal di benua Australia, jenis kacang yang juga ditemukan di Sulawesi ini renyah dan manis, dapat menjadi taburan salad, atau sekedar camilan seru di sore hari. Jenis kacang ini paling tinggi kandungan lemaknya, kaya akan thiamin, fiber serta protein.

Kacang Mede

Kacang Mede (c) tradeindia
Di antara kacang lainnya, kacang mede memiliki kandungan lemak paling rendah. Dan yang unik, kandungan asam lemak tak jenuh yang dimiliki minyak zaitun juga ada di dalam kacang mede. Semua kandungan gizi dalam kacang mede ini bermanfaat untuk produksi energi dan baik untuk kesehatan tulang serta memperlancar peredaran darah.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: